Senin, 20 Februari 2012

Daur hidup Produk Honda

Sejarah sepeda motor HONDA

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).


Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.

Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor Hondatahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.

Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.

Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.

Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 3 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat.
Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 20 juta pada tahun 2007. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN. Secara dunia pencapaian produksi sepeda motor Honda 20 juta unit adalah yang ke tiga, setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.

Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.600 showroom dealer penjualan yang diberi kode H1, 3.800 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) dengan kode H2, serta 6.500 gerai suku cadang atau H, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.

Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar 13.000 orang, ditambah 130 vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberika kesempatan kerja kepada sekitar 500 ribu orang. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

produksi pertama honda s 90 z bermesin 4 tak hanya 90 cc dan hanya di produksi 1500 unit di tahun pertama
Profil Perusahaan
Nama Perusahaan : PT Astra Honda Motor
Status Perusahaan : Perseroan Terbatas
Status Investasi : PMA (Penanaman Modal Asing)
Tanggal Pendirian : 11 Juni 1971 sebagai PT Federal Motor
31 Oktober 2000 merger menjadi PT AHM
Jenis Produk : Sepeda Motor
- Tipe Cub/Bebek
• Honda Absolute Revo 110
• Honda Blade
• Honda Supra X 125 R
• Honda Supra X 125 PGM-FI
- Tipe Sport
• Honda City Sport 1
• Honda Mega Pro
• Honda Tiger
- Tipe Skutik
• Honda BeAT
• Honda Vario
• Honda Vario Techno
Honda tipe bebek yang diproduksi di atas tahun 2000 Blade, Absolute Revo, Supra X 125 dan current model.
Sepeda motor Honda tipe sport yang diproduksi di atas tahun 2000 Tiger, Megapro, CS1 dan current model
Aktivitas : Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), Manufaktur, Perakitan dan Distributor Sepeda Motor HONDA
Jakarta, Selama tahun 2008 Honda tetap memimpin pasar sepeda motor di Indonesia dengan jumlah penjualan 2.874.576 unit dan mengalami pertumbuhan (growth) 34,3% dibandingkan tahun 2007, dengan pangsa pasar mencapai 46,2%. Dari data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) tahun 2008 menunjukan bahwa angka tersebut juga merupakan angka pencapaian tertinggi selama satu tahun yang pernah dicapai selama ini.
Ini semua membuktikan bahwa Honda tetap sebagai pemimpin dalam bisnis sepeda motor di Indonesia. Sepeda motor Honda sendiri sudah ada di Indonesia sejak tahun 1969, yang diiimpor dalam kondisi CBU (Completely Build-Up). Pada tahun 1971 berdirilah PT Federal Motor yang merupakan pabrik perakitan sepeda motor Honda sekaligus pabrik sepeda motor pertama di Indonesia, dan sejak tahun 2000 merger menjadi PT Astra Honda Motor sebagai perusahaan PMA dengan komposisi kepemilikan saham 50% PT Astra International Tbk dan 50% Honda Motor Co. Ltd.
Sejak saat itu dimulailah perkembangan industri sepeda motor di Indonesia yang dipelopori oleh Honda. Sejak awal Honda sudah menggunakan mesin jenis 4 tak atau 4 langkah, yang dikenal sangat handal dan efisien dalam pengoperasiannya. Daya tahan mesin Honda benar-benar menjadi legenda di Indonesia.
Honda terus berkembang dengan menawarkan produk-produk yang handal serta sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pada era harga BBM yang terus meningkat, Honda ternyata menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang membutuhkan sarana transportasi yang ekonomis namun tetap handal. Di beberapa daerah Indonesia, bahkan Honda sudah identik dengan sepeda motor. Orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda, apapun merek sepeda motornya.
Honda yang sudah dikenal dengan mesin yang irit BBM, tetap berupaya meningkatkan efisiensi mesin yang diproduksi. Ini terlihat dari penyempurnaan teknologi yang terus menerus dilakukan.
Honda juga memiliki komitmen untuk selalu menghasilkan teknologi yang ramah lingkungan dimana sejak tahun 2002 seluruh produk sepeda motor Honda di Indonesia sudah memenuhi standar Euro II, serta memelopori mesin bersistem injeksi di Indonesia. Honda Supra X 125 PGM FI, merupakan sepeda motor bersistem injeksi pertama di Indonesia, yang diluncurkan di Indonesia. Dengan teknologi ini efisiensi mesin dapat lebih ditingkatkan, namun emisi yang dihasilkan dapat diturunkan. Dalam proses produksipun Honda tidak lagi menggunakan material bahan baku yang tidak ramah lingkungan, misalnya tidak menggunakan lagi bahan baku yang mengandung asbes (non asbestos), serta dalam proses pengecataan saat ini sudah menggunakan sistem CED yang berbahan dasar air yang sangat ramah lingkungan.
Selama tahun 2008 saja tidak kurang dari 4 model baru yang diluncurkan AHM, yaitu CS-1, Beat, New Tiger dan Blade. Ini semua menunjukkan inovasi serta komitmen Honda sebagai trendsetter untuk memenuhi harapan serta keinginan konsumen yang berbeda terhadap sebuah sepeda motor. Bahkan untuk tipe Honda CS-1 adalah suatu model yang masuk dalam kategori sebagai spesies baru, yaitu tipe Bebek Sport, yang merupakan gabungan antara tipe bebek dan tipe sport. Atas inovasi model ini pula Honda CS-1 mendapatkan penghargaan sebagai Motorcycle of The Year untuk tahun 2008, dari tabloid sepeda motor bergengsi di di Indonesia, Motorplus.
Prestasi yang juga sangat membanggakan pada tahun 2008 yang lalu adalah keberhasilan pencapaian produksi 300.000 unit perbulan, yang berhasil diraih pada Bulan Agustus. Pada saat itu produksi berhasil mencapai angka 300.588, yang berarti tertinggi selama ini, untuk itu prestasi ini juga dicatat dalam rekor MURI sebagai pencapaian produksi industri sepeda motor per-bulannya di Indonesia. AHM nampaknya perlu berbangga hati, karena prestasi tertinggi ini sebenarnya tidak hanya untuk tingkat nasional saja, bahkan untuk tingkat regional ASEAN, pencapaian produksi ini merupakan prestasi tertinggi.
Nama besar yang disandang saat ini tentunya tidak dicapai dengan mudah, namun diperlukan upaya kerja keras yang terus menerus untuk menghasilkan produk serta layanan berkualitas. Untuk mendukung pelayanan yang prima saat ini Honda memiliki jaringan penjualan (H1) 1600 show room, jaringan layanan bengkel (H2) lebih dari 3800 bengkel atau yang lebih dikenal dengan AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) serta 6600 outlet penjualan suku cadang (H3). Jumlah jaringan ini merupakan jumlah jaringan pelayanan produk otomotif di Indonesia, jika dirata-ratakan saat ini minimal terdapat 1 bengkel AHASS di setiap kecamatan di seluruh Indonesia.
Di tengah kondisi perekonomian yang penuh ketidak pastian pada tahun 2009 ini, Honda akan terus berkarya di bumi Indonesia untuk selalu mempersembahkan produk-produknya yang inovatif, berkualitas serta sesuai keinginan masyarakat.
Jumlah Karyawan : 14.460 orang (Januari 2010)
Jumlah Produksi : 1998 : 286.000 unit
1999 : 288.888 unit
2000 : 488.888 unit
2001 : 940.000 unit
2002 : 1.460.000 unit
2003 : 1.570.000 unit
2004 : 2.037.000 unit
2005 : 2.652.000 unit
2006 : 2.350.000 unit
2007 : 2.138.000 unit
2008 : 2.874.576 unit
2009 : 2.710.575 unit
Honda menggunakan cairan pendingin radiator "Honda Genuine Coolant" yang merupakan formula khusus untuk melindungi mesin sepeda motor Anda.
Honda Genuine Coolant memiliki semua yang dibutuhkan cairan pendingin radiator yang baik, yaitu:
• Anti karat
• Anti kerak
• Anti panas
• Anti foam
Bahan Body Brake Shoe terbuat dari Alumunium Alloy, yang mana mempunyai spesifikasi terhandal karene sesuai standar Honda spec HD2G2. Bahan Linning (kampas) terdiri dari campuran bahan-bahan berkualitas dan ramah lingkungan (bebas asbes) yang merupakan produk LOKAL terbaik untuk pembuatan Linning.

Hasil test kami membuktikan bahwa pada suhu diatas 100o C tidak terjadi kekerasan permukaan Linning menyebabkan permukaan Brake Shoe menjadi licin, sebagaimana yang terjadi pada produk lain yang dapat mengakibatkan rem tidak dapat menahan laju sepeda motor Anda yang tentunya dapat membahayakan jiwa Anda.

ARTIKEL:
AHM Kian Optimis Masuki 2010
Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil melanjutkan perkembangan bisnisnya yang positif pada tahun 2009 sehingga mampu mempertahankan posisinya sebagai produsen dan distributor sepeda motor terbesar di Indonesia.

Di tengah kondisi ekonomi yang relatif belum begitu baik pada tahun lalu, AHM bersama 1.600 dealer, 4.000 AHASS, 7.000 toko suku cadang termasuk Honda Exclusive Part Shop(HEPS), dan sekitar 500 supliernya berupaya merealisasikan sebuah proses bisnis yang baik dan sekaligus mampu menggairahkan pasar sepeda motor domestik.
Perusahaan menjadikan konsumen sebagai fokus utama dengan menyediakan produk yang berkualitas dan layanan yang terbaik.
AHM juga berupaya untuk melakukan efisiensi di setiap lini bisnisnya. Hal ini juga disampaikan ke supplier agar selalu siaga dengan perubahan situasi dan kondisi yang tidak terduga di pasar sepeda motor.
Seperti diketahui, target awal penjualan AHM di awal tahun 2009 hanya 2,2 juta unit. Angka terendah dari target penjualan ini ditetapkan sebagai salah satu bentuk penyesuaian dengan kondisi dan situasi dunia usaha saat itu. Dalam perkembangannya,ekonomi tumbuh lebih baik dan situasi politik relatif stabil kendati ada pemilu. Pasar motor pun ikut bergerak secara perlahan.
Berkat kondisi yang lebih baik ini, AHM mampu menyumbangkan angka penjualan 2,7 juta unit terhadap total pasar motor nasional yang mencapai 5,8 juta unit. Pasar motor ini hanya turun sekitar 6% dibandingkan dengan tahun 2008 yang mencapai 6,2 juta unit. Padahal di awal tahun, sejumlah kalangan memprediksi penjualan sepeda motor domestik 2009 akan turun sekitar 30%.
Apa yang dicapai AHM pada tahun 2009 tersebut merupakan hasil dari sebuah proses yang sudah dilakukan perusahaan dalam memberikan produk yang berkualitas dan layanan terbaik kepada konsumen.
Dalam situasi ekonomi yang mulai lebih baik ini, AHM mulai merealisasikan rencananya untuk mengimbangi pertumbuhan permintaan pasar motor, termasuk dengan meningkatkan kapasitas produksi skutik di fasilitas produksi di Cikarang dan mengoperasikan pabrik velg cast wheel di kawasan yang sama yaitu di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat.
Tahun lalu, sebagai bagian dari proses bisnis yang mengedepankan kebutuhan konsumen, AHM juga merilis sekitar 4 motor baru yaitu Absolute Revo 110, Vario Techno, New Vario, dan New BeAT. Tahun ini, AHM juga akan memperkenalkan beberapa model sepeda motor baru untuk memenuhi keinginan konsumen.
AHM menyampaikan terima kasih atas dukungan media selama ini sehingga perusahaan mampu melakukan sebuah proses bisnis yang lebih baik di tengah kompetisi pasar yang semakin ketat. AHM akan berupaya memasuki tahun 2010 dengan sebuah proses bisnis yang lebih baik dari tahun 2009 dengan mengedepankan kebutuhan konsumen.
Perusahaan juga berkomitmen untuk mengembangkan jaringan layanan purna jual sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan layanan yang terbaik ke konsumen. Di sisi produksi, perusahaan akan terus membina hubungan dengan pemasok komponen agar terus menghasilkan suku cadang yang berkualitas dan kompetitif.
Tanggung jawab sosial perusahaan
Selain itu, AHM akan terus menggencarkan kampanye safety riding sebagai salah bentuk tanggung jawab sosial yang terkait langsung dengan industri kendaraan bermotor. Tahun lalu perusahaan memberikan 450 pelatihan safety riding di sekolah SD hingga SMU di seluruh Indonesia.
Sebagai pelopor keselamatan berkendara, AHM tahun ini akan melanjutkan aktivitas sosialisasi safety riding yang dimulai sejak usia dini. Perusahaan berkomitmen tidak hanya memproduksi motor tapi juga untuk mendidik masyarakat bagaimana cara berkendara yang aman.
Bentuk lain dari tanggung jawab sosial AHM antara lain direalisasikan dengan mengadakan sejumlah program sosial yang berkaitan langsung dengan masyarakat termasuk dengan memberikan training dan bantuan dana. Di semester II tahun lalu, AHM bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta membangun Zona Teknologi Otomotif Roda Dua di Taman Pintar. Perusahaan melakukan tindakan responsif menyikapi bencana gempa Padang dengan mendonasikan bantuan senilai Rp 1 miliar untuk meringankan korban.
Tahun ini, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan aktivitas sosialnya yang akan difokuskan melalui program tindakan sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pelatihan mekanik dan computer bagi pemuda/i putus sekolah, program bea siswa untuk 1.000 siswa, penghijauan serta perbaikan infrastruktur.



Analisis:
Perusahaan menjadikan konsumen sebagai fokus utama dengan menyediakan produk yang berkualitas dan layanan yang terbaik.
AHM berupaya untuk melakukan efisiensi disetiap lini bisnisnya. Hal ini juga disampaikan ke supplier agar selalu siaga dengan perubahan situasi dan kondisi yang tidak terduga di pasar sepeda motor.
Dalam situasi ekonomi yang mulai lebih baik ini, AHM mulai merealisasikan rencananya untuk mengimbangi pertumbuhan permintaan pasar motor, termasuk dengan meningkatkan kapasitas produksi skutik di fasilitas produksi di Cikarang dan mengoperasikan pabrik velg cast wheel di kawasan yang sama yaitu di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat.
Perusahaan juga berkomitmen untuk mengembangkan jaringan layanan purna jual sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan layanan yang terbaik ke konsumen. Di sisi produksi, perusahaan akan terus membina hubungan dengan pemasok komponen agar terus menghasilkan suku cadang yang berkualitas dan kompetitif.
Tahun ini, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan aktivitas sosialnya yang akan difokuskan melalui program tindakan sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pelatihan mekanik dan computer bagi pemuda/i putus sekolah, program bea siswa untuk 1.000 siswa, penghijauan serta perbaikan infrastruktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.